Lomba Pidato Bahasa Inggris IBI 2018

Alhamdulillahirabbil ‘alamiin….

Setelah Tahun kemarin berhasil meraih peringkat ke-2…Maka ini kali kedua mendapat kehormatan yang luar biasa, ditelepon langsung oleh Ketua IBI Cabang PALI dan Ketua IBI ranting RSUD Talang Ubi untuk dapat kembali membawa nama Kabupaten PALI ke tingkat Provinsi dan bersaing dengan teman-teman bidan yg luar biasa dari kabupaten2 se-Sumsel dan Kota Palembang.

Sempat ragu sih awalnya untuk menerima, apakah saya masih sanggup dengan keadaan saya saat ini yang baru saja punya bayi usia 3 bulan, dengan aktivitas & tugas2 saya di beberapa komunitas dan tugas2 kuliah offline maupun online, yang terkadang membuat saya agak kesulitan mengatur waktu.

Dengan meminta pendapat beberapa pihak, Alhamdulillah keluarga, anak sulung saya, teman2 dekat, dan Ketua IBI baik cabang maupun ranting yang meyakinkan saya bahwa saya layak kembali diutus maju… Maka dengan mengucap Bismillah, saya iyakan juga tawaran ini.
Nama saya pun dicatat untuk dikirimkan ke panitia provinsi.

Qadarullah…
Setelah saya meng-iya-kan, si sulung demam 3hari dengan panas naik turun, menyusul pula si bayik, kemudian saya sendiri.
Belum lagi jadwal ujian akhir yang muncul begitu mendadak dan hanya berjarak 2hari sebelum deadline naskah pidato harus dikumpulkan.

Saya panik, mana yang harus diprioritaskan saat itu, dan semua belum ada yg disiapkan sama sekali.
Bismillahi… Saya mulai menenangkan diri & menjalani satu per satu dimulai dari mana yg paling dekat waktunya.

Singkat cerita… Hari lomba pun tiba, dibilang siap, jelas saya siap & sangat yakin dengan materi yg saya bawakan.
Dibilang tidak siap juga bisa, krn entahlah, mungkin krn saat persiapan fokus saya kurang atau mungkin juga karena saya yang terlalu takut mengecewakan banyak pihak kali ini.

Saat perlombaan berlangsung, semua peserta langsung duduk di tempat semula setelah berpidato.
Tapi beda dengan saya, panitia & juri ngajakin dialog dalam Bahasa Inggris dan nanya2 beberapa hal terkait materi yang saya bawakan.
Dalam hati sudah bilang, “mampus gue, kalo pidato mah gampang, teksnya udah dibikin, tinggal dihafal/dibaca doank… Kalo dialog langsung mah belum tentuuuuu sanggup jawab”.
Dan atas pertolongan Allah SWT, ternyata saya berhasil menjawab dengan yaaa separoh lancar lah walau ga mulus2 banget 😝😂

Setelah semua peserta selesai tampil, juri memberikan komentar secara umum, juga kritik & saran bagi semua peserta.
Beberapa kali, salah satu peserta di samping saya bilang bahwa saya pasti menang kalo dari kalimat2 tersirat juri, seperti, “kami benar-benar puas krn tahun ini semua peserta bagus2, walaupun ada yg memang bagus banget tadi ya…. kayak misalnya dari cara penyampaian dll peserta nomor 12 tadi itu, pelafalan, intonasi, mimik muka, dan feel-nya dapet semua, ya boleh lah sebagai salah satu contoh bagi peserta lain kalo mau belajar”….(saya mau terbang, untung masih bisa sok cool) 😝😝

Pengumuman pun tiba…
Alhamdulillah Alhamdulillah Alhamdulillah… Atas kemurahan Allah yang menjaga lancarnya lisan saya dalam menyampaikan pidato lah, sehingga amanah kali ini bisa saya tunaikan dengan memberikan senyuman lebar sebagai PERINGKAT PERTAMA bagi IBI PALI & RSUD Talang Ubi tercinta.

Yang membuat saya ingin menangis haru (agak lebay sih, tapi emang jujur koq 😁✌), adalah ketika saya menyalami satu2nya juri perempuan, beliau memeluk saya dan mengatakan, “The Scores are Totally Yours”.
Rasanya saya kayak pengen mendadak sujud syukur gitu…. Secara ya guys,…. dipuji begitu, padahal apalah saya ini cuma remahan rengginang dalem kaleng khong guan, diintip orang juga kagak 🙈🙈😁 😁

Intinya, lewat postingan ini, saya berterimakasih sekali kepada Ketua IBI Cabang PALI, ibu Kasmiyati Mia dan Ketua IBI ranting RSUD, ibu Meli Suparti yang telah mempercayakan amanah ini sekali lagi pada pundak saya dan telah menyemangati saya dengan kelemahlembutan saat anak2 saya demam.

Terimakasih pada suami, permata ummi 2D yang shalihah2 & keluarga besar yang selalu mendukung penuh & memberikan jalan terbuka bagi saya untuk mengembangkan diri, sehingga saya bisa menjalani peran sebagai diri sendiri, sebagai istri, dan sebagai ibu yang bahagia dalam setiap langkah yang saya tempuhi.

Selamat HUT IBI ke-67…
Jayalah selalu bidan Indonesia, para penyelamat wanita di mayapada.
#turunpanggung
#salimsatusatu

 

Para juara & para juri

Sertifikat Penghargaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *